Rabu siang yang sangat amat super cerah (Sampe bener2 ngebakar kulit loh booo….) gue termenung menunggu nyokap pulang kantor dan gue sebenernya lagi disuruh nyapu ngepel sama nyokap. Tapiii…tahukah anda?? Emang ada yah sejarahnya calon bapak itu nyapu atau ngepel atau keduanya? Kalo iya jadi bakal kayak gini….

“(lagi metting sama big boss) halo ma….” Mr Z menjawab telepon
“Paaa….papa bisa ga pulang ke rumah dan nyapu sekarang…?” Tanya Mrs Z
“Ma…papa lagi sibuk. Jam 7 nanti papa nyampe rumah” Jawab Mr Z
“Papa…papa sayang ga sih sama mama” Tanya Mrs Z
“Sayang lah….tapi ga musti pake acara nyapu ngepel juga kali”
“PAPA….POKOKNYA PULANG SEKARANG….!” Mrs Z mulai marah
“@$#%@&^#%$%!@^#%!!!”

Atau ga kayak gini….

“(Baru pulang kerja…) Pa….nyapu ngepelnya udah kelar?” Tanya Mrs X
“Belum ma, ini lagi nyuci piring” Jawab Mr X
“HAAAAAHHHH….BARU NYUCI PIRING….KAMU INI SUAMI MACAM APA….!!! KITA CERAI….!!!”
“@###&$*@^@!$#%#^$&$(#*@^” à Kalo suaminya sok punya wibawa dan pemarah
“i….iya sayang. Nanti aku beresin…” à Kalo suaminya flegmatis dan kebelet pipis.
“Iya sayang, apa kamu mau aku sapuin dan ngepelin…?” à Kalo suaminya bijaksana dan romantis….(loh?)...o suaminya punya wibawa dan pemarah
l kayak gini...gepel juga kali"pel atu keduanya? ya


Yah…emang sih. Ada yg namanya emansipasi wanita. Yaitu, wanita bisa bekerja seperti pria. Wanita bisa melakukan apa yang pria lakukan. Tapi….apakah ada emansipasi pria?? Yaitu pria bisa atau harus bekerja seperti wanita…..pria mana yang mau cong…! Mana harga diri lo…! Apa harga diri lo goceng doing dapet serauk? Ngga kan?

Tapi sebenernya gue lebih setuju kalo kita saling membantu. Jadi kita Cuma sebatas membantu pekerjaan wanita. Dan wanita Cuma sebatas membantu pekerjaan pria (Bantu cari nafkah misalnya). Tapi pekerjaan itu bukan dikerjain TOTAL sama orang ber-jenis kelamin yang ga sesuai dengan pekerjaannya.

Gue sebgai seorang anak Cuma bisa nurut dan membantu. Taat….taat dan taat selama apa yg disuruh itu masih masuk diakal. Inget, doa restu orang tua menyertaimu ketika kamu taat padanya :D


Oh iya, kembali ke topik. Siang itu gue lagi seru2nya buka foto pas perpisahan jurusan di Puncak. Tiba2 HP berdering…

“Halooo” Sapa gue di telepon.
“Halo, ini dari X Radio. Ini Adi Pradana kan?
“Iya, ada apa ya?” Tanya gue penasaran
“Ini…Kamu bisa kan Jumat besok ikutan Briefing Class di X Radio jam 4?”
“Iya….saya bisa!” Jawab gue tegas
“Bisa ya? Kita tunggu….siang”
“Siang…..#nahanpipisdicelana”

Yeeeeeyyyyy….CV gue diterima…. Padahal gue sempet pesimis bakal diterima. Ngasinya aja telat gue. Janjian ngasi hari Selasa minggu kemaren. Tapi karena gue mau ikut acara perpisahan. Akhirnya gue cuma bisa mnta maaf via email dan janji ngasi CV hari Jumat minggu kemaren. Tapi….entah ada angin apa gue keterima buat ngisi radio. Alhamdulillah #sujudsyukur

Yaaa….gue emang bakal ngisi acara di stasiun radio yang cukup punya nama di Tangerang. Siapa yang ga seneng coba, gue bisa cuap-cuap dengan senang hati. Dan didenger banyak orang. Uuuuuuuuu…..

Acara radionya itu, jadi siapa aja yang masi SMA bisa ikut acara itu. Dan menjadi partner penyiar radio acara itu. Syaratnya, siswa SMA itu ngirim CV, dan produser memilih siapa yg pantes buat nyiarin radio. Cuma dari CV aja.

Saking girangnya gue keterima, gue cerita sama seluruh anggota keluarga gue dan temen band gue.

Gue emang udah punya cita2. Pas kuliah nanti, gue punya kerjaan sampingan jadi pemain band dan penyiar radio. Kenapa? Karena gue pengen belajar bersosialisasi ke siapa aja. Gue mau jadi seorang  yg supel. Dan kedua pekerjaan itu bener2 ngebantu gue buat ngilangin stress juga.

Padahal gue pengen banget kerja di bidang broadcasting. Tapi….lagi2 nyokap ngelarang. “Kamu kerja gitu bisa makan apa….?? Makan beling?? Hah??” Wew….gue terkejut..! Gue harus terpaksa membuang mimpi gue. Dan gue milih jurusan TI (Tenik Informatika) karena selain gue udah paham di SMK tentang IT,  terus luas loh lowongannya. Siapa tau gue bisa ngelamar kerjaan di stasiun TV dan menjadi ahli IT-nya. Wew….gue seneng :D

Kenapa harus TV ,ga radio? Gue kan maunya jadi  penyiar kalo pas kuliah aja. Harus Moving on dong. Ga stuck di bidang itu aja. 

So, asal lo pada tau. Gue punya gangguan psikologis. Yap…asal curcol ya neh.

Pas gue SMP, gue punya problem yg bener2 bisa ngerubah sifat gue 180 derajat. Gue dulu seorang yang periang dan suka main. Karena gue tipe orang yang mudah kebawa suasana dan akhirnya ngelupain yg namanya moral. Gue pun sampe ngejek salah seorang temen gue, dan secara ga langsung gue ngejek keluarganya….keluarganya booo…

So, temen gue marah. Dan musuhin gue. Tapi dia anehnya itu, musuhin orang, tapi kok ngajak2 temen gue yg laen. Wew….pada akhirnya gue dimusuhin sama temen satu komplek. Bayangin, gue nyapa aja ga ada yg jawab. Gue main keluar, ga ada yg ngajak ngobrol gue. Bahkan…..gue sering banget digosipin yg nggak-nggak. Dan gobloknya lagi, perasaan gue kebawa ke sekolah. Gue juga jadi pendiem di sekolah. Cuma bergaul sama beberapa aja. Gue juga jadi ga suka ngomong di depan umum. Karena….gue takut salah. Gue takut dimusuhin sama satu kelas.

Gue harap, dengan jadi penyiar. Gue bakal berubah sifatnya jadi kayak dulu. Periang dan mulai banyak temen. 

Ok, mungkin lo nganggep gue tuh lebay. Tapi ini bener loh….ngerubah karakter gue. Sumpah gue ga boong.

 #Briefing Class#

Dihari Jumat jam setengah 5 sore, gue cabut ke stasiun radio tsb. Sangat buru2 sekali. Gue latihan dulu sama band gue dari pagi sampe siang. Terus gue langsung capcus ke radio. Wew, gue inget sama petuah bokap “Harus tepat waktu, bos lebih milih org yg lebih disiplin soal waktu”


Eko, temen satu band sama gue siap dengerin gue siaran. Emang sih diantara temen2 gue satu band, dia yg paling comel kayak cewe. So, gue ngarep dia ngasi banyak masukan buat gue. 

Sesampai disana, gue  langsung ditanya sama receptionist-nya.

“Adi ya….”Tanya nya
“iya kak” Jawab gue dengan nada polos
“Tunggu aja disitu, nanti saya panggil producernya”
“Oke kak”

Tak lama producernya dateng. Gue sama producernya itu banyak berbicara tentang apa yg harus gue lakuin pas siaran? Gue pun dikasih Run down nya. Siaran gue pun dimulai besok Sabtu sampe besok Minggu. Dari jam 4 sampe jam 6 sore. Setelah selesai, gue pun pamit pulang.

#Hari Pertama Siaran#
Well, hari pertama, pastinya....gue tegang banget. Tapi disisi lain, gue tuh pengen cepet2 mulai siaran. Perasaan takut salah pun mengiringi gue. Takut salah ngomong lah, salah tingkah gara2 grogi. Pokoknya perasaan takut apa aja. Siangnya gue dapet SMS, yang isinya kalo gue harus sampe di tempat jam 3 sore. Jam setengah 2, gue pun langsung cabut. Nyampe sana jam 3 pas. Gue nunggu penyiarnya yg belum dateng. Tak lama penyiarnya dateng. Gue pun keinget sama petuah guru broadcast gue

" Yang namanya penyiar itu ya, suaranya bikin orang jadi pengen ketemu sama penyiarnya. Tapi kalo udah ketemu....langsung kabur dan langsung mau pulang....!"

Pokoknya ciri2 fisik penyiarnya itu cewek, ....bulet! Orangnya emang asik sih dia ajak ngobrol.

Gue dapet sedikit arahan dari dia buat nyiarin radio, dan Alhamdulillah gue bisa nangkep. Tapi grogi booo....ga nahan. Mana AC nya dingin banget.

Siaran pun dimulai, gue mulai ngebuang grogi gue pelan-pelan. Dewi pun mulai cuap-cuap. Gue jadi rada minder denger suaranya. Walaupun dia gendut, Tapi yang gue salut, dia bisa menghilangkan suara orang gendut pada umumnya (tau kan?, nafas yg mendengus terdengar jelas kalo lagi ngomong). Harapan gue, gue bakal banyak belajar sama dia. Pada saat gue giliran ngobrol, entah kenapa gue jadi ga nyantai banget. Gaya bicara gue jadi ngebut kayak kereta api , Nyebut FB dan nomer telepon kebalik, Gue cuma ngomong  yes no yes no aja selama gue siaran. Jarang gue cuap-cuap. dan masalah lain yang mungkin Dewi tau, tapi gue ga tau.

Pas lagi muterin lagu -->
"Dew, gue grogi yah...?" Tanya gue
"Heeh...keliatan banget....udah nyantai aja lagi, gue ga makan lo ini di" Jawabnya
"Iya!"
"Bagus apa nggaknya lo siaran, keliatan dari banyaknya SMS yang masuk ke sini. Inget...yang penting asik..."
"ok..."
"Ada banyak iklan yang musti diputer, mana ada 2 live telephone lagi..."
"Hmmm. iya dew"

-->Dan gue banyak ngobrol sama Dewi, cape kalo gue ketik semua disini....hehe. Oh iya....selama kita siaran, Dewi keliatan mondar-mandir buat ngurusin live telephone. Gue pengen bantuin, tapi gue kan ga tau apa-apa.

Siaran dimulai lagi, dan gue udah mulai terbiasa, Alhamdulillah gue makin membaik. Udah bisa sediiiiikkkiiittttt santai. Tiap lagu diputer, gue sama Dewi ngobrol2 santai diiringi gelak tawa.

SMS yang masuk? sedikit jika dibandingin sama hari sebelumnya....ooohhhh gue ga asik...


Akhirnya saat live telephone. Yg pertama rada konek orangnya. Pas yang kedua, bener2 dah, budek banget lawan bicaranya disana. Dan ini sempet membuat kita bingung dan panik. Mana lawan bicaranya bilang "Mbak....suaranya kurang gede...!!! kecil bangeettt....!!!"   Gedek abis sumpah tuh Ibu2....!

Udah berkali-kali ditelepon tetep aja....dan akhirnya....waw, 10 menit lagi kita udah musti udahan siarannya. Akhirnya....kita closing.

"KACRUT...!" seru Dewi.
"Iya tuh, budek banget dah....!"
"Gimana sih...! apa dia ga berusaha nerima telepon dari kita?
"Wew, *** ***** (nama perusahaan) mengubah hariku..."
Kami pun tertawa stress......huahahaha....

Dewi sempet telepon produsernya, dan kejadian itu masih dimaafkan. Karena itu kesalahan kupingnya Ibu2 dari *** *****. Soal gue? Katanya gue musti lebih asik lagi besok. widiiihhh....

Pas perjalanan pulang, kami pun bercerita banyak hal. Dan gue dikasih satu sanggahan. "Kalo jadi penyiar itu harus asik, jangan kaku dan tertekan....okeh". Gue menganggukan kepala. 

Gue jadi ga sabar nunggu besok....

#Hari Kedua Siaran#
Hari kedua, gue udah ga setegang hari kemaren. Gue langsung cabut ke tempat siaran kayak kemaren. Gue berniat....hari ini pengen nyeritain tentang band gue, So gue bawa profil band gue. Itung2 promosi coy. haha

Sesampai disana, gue langsung ketemu sama Dewi. Dewi kali ini bareng sama adiknya. Gue lupa namanya siapa.
"Di, lo kemaren tegang banget. Lo kan disini partner gue siaran. Lo boleh cuap2 suka2 lo. Nyantai aja...." Kata Dewi
"ooohhh....kirain gue, gue cuma ngebacking lo doang, ya ampuuunnn...." Kata gue
"yehhh....gimana sih lo. kan udah dibilangin"
"Iya...hahaha...ok deh"
"Di...inget. ini siaran lo terakhir disini. Jadi lo tunjukin kalo lo jago siaran. Lo ga mau kan dilupain sama pendengar lo ?" Kata Dewi

Ngedenger itu, gue langsung diem dan gue jadi ngerasa bego kalo gue tegang dan malu2 kemaren.

"ok dew, gue ngerti" Jawab gue

Gue ngeliat tampang adiknya itu bete banget nunggu kakaknya siaran. So, gue jadi rada canggung kalo banyak ngobrol sama Dewi. Gue takut kalo dia jadi kambing conge pas kita ngobrol. Gue cuma ngobrol seperlunya.

Siaran pun dimulai...

Pas lagi muterin lagu, kami ngobrol lagi. Dewi memuji siaran gue yg udah membaik dan asik (Alhamdulillah :D ). Ga berhenti2 gue ngucap syukur. Tapi ada satu obrolan yang bener2 membekas di pikiran gue, bahkan udah masuk ke hati gue.

" Di....lo tuh belom seberapa. Tau ngga. gue dulu pernah ngalemin sesuatu yg bikin gue down kalo mau siaran?"
"Apa itu? " Tanya gue
"Pas Januari kemaren gue siaran, Pas gue lagi muterin lagu, Manager masuk ke ruang siaran dan ngelemparin gue pake kaset....bayangin....ngelemparin pake kaset...! Terus bentak2 ke gue, terus bilang kalo siaran gue ga asik Dan lo tau apa lagi ?....lo tau kan kalo gue cewe. Bener2 perlakuan itu ga pantes buat ke seorang cewe. Setelah itu gue nangis dipojokan situ (sambil nunjuk kursi buat wawancara didepan ruang siaran). Setelah itu, gue harus closing. Saat itu dimana gue yg tadinya sedih, harus ceria lagi. Yap....ceria buat ngebawa siaran. Dan saat itu gue sadar di, yang namanya penyiar itu disebut pahlawan. Pahlawan penolong bagi pendengar yg lagi sedih. So....gue harus ceria. Gitu di....( Mata Dewi nampak berkaca2)"  kata Dewi menjelaskan.

Ngedenger cerita Dewi, gue tersadar dari tidur di dalam kegrogian, yap....tersadar buat selalu asik, ceria dan nyenengin orang kalo siaran. Entah kenapa setelah denger cerita Dewi, sisa rasa grogi gue kalo siaran hilang total. Berbalik jadi rasa pengen siaran terus buat ngebantu orang ngilangin bete.

Gue pun nyeritain ke dewi, alesan gue buat jadi penyiar. Dewi jadi simpati ke gue, dan ngejelasin...

"Oke, lo mungkin kehilangan 1-10 orang temen, tapi dengan sekolah, band dan siaran. Lo bisa dapet temen sebanyak yg lo mau." wew...ngedenger itu, gue jadi bisa nenangin gue. Dan gue dipersilahkan menceritakan alesan gue jadi penyiar pas closing nanti.

Saatnya siaran usai...gue dapet kayak semacem sertifikat gitu lah. Terus Gue pamit pulang bareng Dewi. Kami emang satu jurusan angkotnya. Di angkot kami bercerita banyak hal. Gue minta nomer HP nya Dewi, karena gue pengen Dewi hadir jadi kakak2an gue. Gue ngerasa dia bisa ngasi gue banyak masukan.

Sampe sekarang kita saling kontak2an, walau jarang. hahaha...

Dua hari siaran itu, ga bakal gue lupain. Itu langkah awal karier gue jadi penyiar.





0 komentar to "Pengalaman Jadi Mas-Mas Penyiar"

Posting Komentar

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.