Fiuh...akhirnya update lagi :D

Uan udah kelar, Proses penggodokan jiwa raga para pelajar Indonesia (khususnya SMA/SMK/MA) cukup membuat sifat gue berubah 180 derajat. Gue jadi lebih emosian, lebih ga bisa tidur, ga bisa makan, ga bisa ketawa, ga bisa boker dengan gembira ria (yang terakhir ini emang bener2 ngegganggu banget +_+). Belajar udah gue cicil untungnya dari jauh2 hari. Jadi ga terlalu sakit jiwa menjelang uan, yeah...sakit jiwa, sobat...

Uan cukup membuat beberapa siswa di Indonesia stress, lihat saja. Ada yang abis ngerjain Uan, langsung pingsan. Ada yang nangis2 dengan jeritan histeris....pokoknya gitu2 deh.

Lagian kenapa harus ada uan yak, jelas2 sekolah itu yang lebih punya banyak alasan buat ngelulusin siswanya. Bayangin...sekolah yang jelas2 udah bersama muridnya itu selama 3 tahun. pasti udah hapal banget kan sama sifat dan kemampuan yang sebenarnya dimiliki siswa tersebut. Bandingin sama negara yang ga tau apa2 tentang anak tersebut, bahkan ga tau mukanya....huuuuu.....

Emang sih, kalo sekolah yang ngelulusin. Bakal memudahkan siswa yang 'bodoh' buat lulus. Tapi....seburuk apapun sekolah itu, sekolah pasti punya pertimbangan tentang kelulusan murid itu melalui track record-nya selama 3 tahun. Iya ga?

Apa maunya negara nyelenggarain Uan? yang katanya ngabisin dana bermiliyaran. Mending buat beasiswa sodara kita yang miskin, ga bisa sekolah. Betul?

pertanyaan : Soal buat ujian sekolah berarti digampangin dong? kan biar pada lulus?
Jawaban : Ya, soal uan cukup dijadikan patokan guru2 sekolah buat bikin soal ujian. Guru yang bikin soal ga sesuai bobot soal uan, baru itu adalah kasus...! Nilai yang hasil ujian kelulusan itu baru dikalkulasiin sama nilai ujian praktek, nilai selama 3 tahun dia sekolah ditambah dengan sikap dia selama sekolah.

Yap....itu saran gue buat pendidikan Indonesia, biar real gitu nilainya. Ga kayak sekarang, bocoran dimana mana. Apa kita mau biarin bangsa kita jadi bangsa yang ga jujur...!


0 komentar to "Celotehan UAN"

Posting Komentar

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.